Minggu, 19 Februari 2012

Filosofi Gerakan KAMMI

19 Februari 2012

MENGENAL KAMMI LEWAT  FILOSOFI GERAKAN KAMMI
Oleh: M. Bagus Setiawan

Filosofi merupakan landasan yang menjadi dasar pemikiran dari suatu objek, yang disini objek tersebut adalah sebuah organisasi kemahasiswaan. Sebagai organisasi kemahasiswaan, gerakan KAMMI tidak akan dipahami jika kita tidak terlebih dahulu mengetahui filosofinya. Oleh karena itu, cara tepat mengenal KAMMI adalah dengan terlebih dahulu mengetahui filosofi gerakannya. Filosofi gerakan KAMMI meliputi asas; visi; misi; prinsip gerakan; paradigma gerakan; serta status, identitas, dan peran. Berikut adalah penjabaran dari filosofi gerakan KAMMI:
1.      Asas KAMMI
KAMMI berasaskan Islam. ini mengutamakan persaudaraan (ukhuwwah islamiyah) antar sesama mahasiswa muslim Indonesia dan bersifat Independen.

2.      Visi KAMMI
KAMMI merupakan wadah perjuangan permanen yang akan melahirkan kader-kader pemimpin masa depan yang tangguh dalam upaya mewujudkan bangsa dan negara Islami di Indonesia.

3.      Misi KAMMI
a.       Membina keislaman, keimanan, dan ketaqwaan mahasiswa muslim Indonesia.
b.      Menggali, mengembangkan, dan memantapkan potensi dakwah, intelektual, sosial, dan politik mahasiswa.
c.       Mencerahkan dan meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia menjadi masyarakat yang rabbani, madani, adil, dan sejahtera.
d.      Memelopori dan memelihara komunikasi, solidaritas, dan kerjasama mahasiswa Indonesia dalam menyelesaikan permasalahan kerakyatan dan kebangsaan.
e.       Mengembangkan kerjasama antar elemen masyarakat dengan semangat membawa kebaikan, menyebar manfaat, dan mencegah kemungkaran (amar ma’ruf nahi munkar).

4.      Prinsip Gerakan KAMMI
a.       Kemenangan Islam adalah jiwa perjuangan KAMMI
b.      Kebathilan adalah musuh abadi KAMMI
c.       Solusi Islam adalah tawaran perjuangan KAMMI
d.      Perbaikan adalah tradisi perjungan KAMMI
e.       Kepemimpinan umat adalah strategi perjuangan KAMMI
f.       Persaudaraan adalah watak muamalah KAMMI
5.      Paradigma Gerakan KAMMI
a.       KAMMI adalah dakwah tauhid
b.      KAMMI adalah gerakan intelektual profetik
c.       KAMMI adalah gerakan sosial independen
d.      KAMMI adalah gerakan politik ektraparlementer

6.      Status, Identitas, dan Peran
KAMMI adalah organisasi ekstra kampus yang menghimpun mahasiswa muslim seluruh Indonesia secara lintas sektoral, suku, ras dan golongan. KAMMI menghimpun segenap mahasiswa muslim Indonesia yang bersedia bekerjasama membangun negara dan bangsa Indonesia.
KAMMI berperan sebagai wadah dan mitra bagi mahasiswa Indonesia yang ingin menegakkan keadilan dan kebenaran dalam wadah negara hukum Indonesia melalui tahapan pembangunan nasional yang sehat dan bertanggung jawab.
KAMMI mengambil peran sebagai mitra bagi masyarakat dalam upaya-upaya pembangunan masyarakat sipil, demokratisasi dan pembangunan kesatuan/persaudaraan ummat dan bangsa melalui pendampingan/advokasi sosial, kritisi/konstruktif terhadap kebijakan negara yang memarginalisasi masyarakat.

Tidak ada komentar: