Senin, 02 April 2012

Laporan: Tugas Gambar Mesin

2 April 2012


LAPORAN
TUGAS GAMBAR MESIN





Oleh :

M. Bagus Setiawan
101910101032


                                                                                            





PROGRAM STUDI STRATA 1 TEKNIK
JURUSAN TEKNIK MESIN
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS JEMBER
2011

..................................................................................................................................


 

LAPORAN
TUGAS GAMBAR MESIN
Disusun guna memenuhi tugas gambar mesin




Oleh :

M. Bagus Setiawan
101910101032


                                                                                            









PROGRAM STUDI STRATA 1 TEKNIK
JURUSAN TEKNIK MESIN
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS JEMBER
2011

..................................................................................................................................

LEMBAR PENGESAHAN


Laporan Tugas berjudul “Laporan Tugas Gambar Mesin” telah diuji dan disahkan pada :





Hari, tanggal   : Mingu,        Juni 2011
Tempat            : Fakultas Teknik Universitas


















Disahkan oleh :


Dosen Pembimbing





Ir. FX. Kristianta M.Eng
NIP. 19650120 200112 1 001
Asisten Laboratorium





Kumaranata K. A.
NIM. 081910101010

...................................................................................................................................................................

KATA PENGANTAR

          Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan laporan ini. Tidak lupa shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW, keluarganya, sahabatnya, dan seluruh umatnya.
            Laporan yang disusun guna memenuhi tugas gambar mesin ini akhirnya selesai tepat waktu. Selain hasil dari kerja keras yang saya lakukan, tentunya tidak lepas dari bantuan berbagai pihak. Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu saya dalam penyusunan laporan ini.
Saya sadari bahwa laporan saya ini  sangat jauh dari sempurna. Oleh karena itu segala kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan demi kesempurnaan laporan berikutnya. Saya berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi siapapun yang membacanya.















                                                                                                Jember,        Juni 2011




Penulis

...................................................................................................................................................................

DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ........................................................................................        i
LEMBAR PENGESAHAN ..............................................................................        ii
KATA PENGANTAR ......................................................................................        iii
DAFTAR ISI .....................................................................................................        iv
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang ...................................................................................        1
         1.2 Tujuan .................................................................................................       1
         1.3 Manfaat ..............................................................................................        1
         1.4 Rumusan Masalah ...............................................................................        2
         1.5 Metode Penulisan ...............................................................................         2
BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA
          2.1 Tutorial Autocad 2D ..........................................................................        3
          2.2 Tutorial Autocad 3D ..........................................................................        11
BAB 3 PEMBAHASAN ...................................................................................        23
BAB 4 PENUTUP
          3.1 Kesimpulan .........................................................................................        33
          3.2 Saran ...................................................................................................       33
DAFTAR PUSTAKA
LEMBAR ASISTENSI

...................................................................................................................................................................


BAB 1. PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) pada jaman yang modern seperti saat ini, dunia industri juga semakin berkembang. Banyak industri yang mencoba untuk mengembangkan produknya dengan sedikit memodifikasi produk yang lama menjadi suatu produk baru. Hal tersebut tentunya untuk menarik konsumen agar membeli produk industri tersebut.
Untuk bisa memodifikasi suatu produk, industri harus bisa mendesain suatu produk yang ingin di hasilkan. Desain suatu produk tersebut dapat di lihat dari gambar yang telah dibuat. Dari gambar, suatu industri akan melakukan proses produksi untuk menghasilkan produk sesuai yang diinginkan.
Banyak sekali ilmu-ilmu yang mempelajari tentang desain, salah satunya adalah gambar mesin yang menggunakan autocad. Autocad adalah salah satu dari banyak aplikasi yang sering digunakan untuk menggambar desain. Saat ini autocad banyak digunakan untuk mengembangkan desain produk. Selain mempunyai banyak keunggulan, autocad juga bisa di terapkan dalam dunia kerja. Oleh karena itu ilmu tentang autocad ini penting untuk dipelajari oleh seorang desainer.

1.2 Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai setelah  menerjakan gambar mesin antara lain :
1.      mahasiswa dapat mengambar dengan baik dan benar,
2.      mahasiswa dapat memahami autocad,
3.      mahasiswa dapat menggambar 2D dan 3D pada autocad.

1.3  Manfaat
Manfaat yang ingin dicapai setelah  mahasiswa melakukan pratikum gambar mesin antara lain :
1.      mahasiswa mengetahui cara menggambar autocad dan gambar manual yang baik dan benar,
2.      mahasiswa memahami tentang autocad,
3.      mahasiswa mempunyai wawasan tentang autocad 2D dan 3D.

1.4 Rumusan masalah
Rumusan masalah dalam penyusunan laporan praktikum gambar mesin antara lain :
1.      Buatlah Tutorial autocad 2D dan 3D?
2.      Buatlah gambar manual stearing gear box dan autocadnya?
3.      Buatlah autocad 3D beserta comandnya?

1.5 Metode Penulisan
Metode yang digunakan dalam praktikum ini adalah metode “praktik dan analisis“, yaitu mahasiswa langsung melakuakan praktik dan mengerjakan berdasarkan teori yang telah dipelajari dan menganalisa hasil dari praktikum tersebut yang disusun sebagai laporan.

...................................................................................................................................................................


BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA

2.1  Tutorial Autocad 2D

1.    Perintah Menggambar 2D
A.  Line
Pada umumnya  sebuah  gambar  teknik  sebagian besar  terdiri dari garis. Terbentuknya  garis  karena  dua  titik yang dihubungkan. Jadi kalau ada banyak garis berarti ada banyak titik yang saling dihubngkan. Bentuk umum dari perintah garis sebagai berikut :
Gambar 1. Perintah Line
Atau
Gambar 2. Perintah Line
Atau
Pull-down-menu:
Command: line
Command: _line Specify first point: (tentukan titik awal)
Setelah titik awal ditentukan, maka akan tampil lagi perintah sebagai berikut :
Specify next point or [Undo]: (pilih titik kedua atau titik berikutnya)
Specify next point or [Close/Undo]: (tentukan titik ketiga atau berikutnya)
Specify next point or [Close/Undo]: (tentukan titik keempat atau berikutnya)

AutoCAD  akan  terus  menampilkan  perintah  next  point  selama  masih  dipilih  titik  berikutnya,  dan  untuk mengakhiri perintah line tekan <enter>. Untuk membuat garis bersudut ikuti langkahlangkah berikut: klik kanan panel polar klik setting (untuk mengatur besar sudut garis yang akan dibuat. contoh: sudut 30 derajat) ganti angka 90 dengan 30 – klik ok.
Gambar 3. Pengaturan Gambar

B.  Polygon
Dengan perintah polygon kita bisa menggambar segitiga, segi empat, segi lima, bahkan segi banyak. Bentuk umum dari perintah polygon sebagai berikut :
Gambar 4. Perintah Polygon
Command: _polygon Enter number of sides <4>: (masukkan segi berapa)
Specify center of polygon or [Edge]: (tentukan pusatnya)
Enter an option [Inscribed in circle/Circumscribed about circle] <I>: I
Specify radius of circle: (masukkan besar radius)<enter>

C.  Circle
Perintah circle digunakan untuk membuat lingkaran. Bentuk umum dari perintah circle sebagai berikut :
Gambar 5. Perintah Circle
Command: _circle Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan tan
radius)]: (tentukan pusat lingkaran)
Specify radius of circle or [Diameter]: (masukkan besar diameter)

D.  Hatch
Perintah hatch digunakan untuk mengarsir. Bentuk umum dari perintah hatct sebagai berikut :
Gambar 6. Perintah Hatch
Setelah diklik hatch, maka akan muncul kotak dialog seperti ini :
Gambar 7. Kotak Dialog Pada Hatch
E.  Multiline Text
Perintah ini digunakan untuk membuat text. Bentuk umum dari perintah multiline text sebagai berikut :
Gambar 8. Perintah Multiline Text


2.    Perintah Mengedit (Modify)
            Bentuk dari Toolbar Modify adalah sebagai berikut :
Gambar 9. Toolbar Modify
A.  Erase
Untuk menghapus suatu obyek, gambar yang mirip dengan penghapus pensil (Gambar 9 nomor 1).
Command: _erase
Select objects: (pilih obyek yang akan dihapus)
Select objects: <enter>

B.  Copy
Perintah ini digunakan untuk memperbanyak obyek. Hasil copy mempunyai ukuran dan orientasi yang sama seperti obyek asalnya dan merupakan obyek yang berdiri sendiri (Gambar 9 nomor 2).
Command: _copy
Select objects: (pilih obyek yang akan di copy)
Select objects:
Specify base point or displacement, or [Multiple]: (tentukan base point)
displacement or <use first point as displacement>: (masukkan jarak yang diinginkan).

C.  Mirror
Kadang-kadang  diperlukan  membuat  copy  suatu  obyek  yang  bersifat  pencerminan  sehingga  tidak perlu menggambar ulang (Gambar 9 nomor 3).

D.  Offset
Digunakan untuk meng-copy keluar atau kedalam obyek (Gambar 9 nomor 4).

E.  Array
Perintah  array  fungsinya  hampir  sama  dengan  perintah  copy, akan  tetapi  perintah  array  digunakan untuk jumlah yang banyak dan dalam jarak yang tetap (Gambar 9 nomor 5).

F.   Move
Digunakan untuk memindah suatu obyek (Gambar 9 nomor 6).

G.  Rotate
Perintah rotate berfungsi untuk memutar suatu obyek (Gambar 9 nomor 7).

H.  Scale
Digunakan untuk memperbesar atau memperkecil suatu obyek (Gambar 9 nomor 8).

I.     Trim
Perintah ini digunakan untuk memotong obyek dengan dibatasi obyek yang lain (Gambar 9 nomor 9).

J.    Extend
Perintah extend dipakai untuk memperpanjang obyek sampai pada batas yang dipilih (Gambar 9 nomor 10).

K.  Explode
Perintah  explode  dipakai  untuk  memecah  obyek  yang menyatu,  misalnya  obyek  rectangle  dipecah menjadi garis (Gambar 9 nomor 11).


3.    Alat Bantu Gambar
Dalam menggambar di autocad ada beberapa alat bantu yang perlu diketahui dan dikuasai. Alat bantu ini biasa disebut panel yang letaknya ada di bawah layar kerja autocad. berikut ini adalah bentuknya:
Gambar 10. Alat Bantu Gambar
Semua alat bantu ini penting untuk diketahui fungsi dan kegunaannya agar dalam menggambar di autocad jadi mudah. Perhatikan panel yang menjorok ke dalam, ini artinya panel autocad sedang aktif/on. Bila sedang tidak aktif panel Autocad kelihatan datar. Setiap panel autocad ini bisa diatur, caranya: klik kanan pada panel yang akan diatur> klik setting, maka akan muncul sebuah jendela tempat kita mengatur panel tersebut. Sedangkan fungsi dan kegunaan panel autocad ini adalah sebagai berikut:

A.  Snap
Bila panel ini aktif maka Pointer mouse akan meloncatloncat dalam bidang kerja autocad.

B.  Grid
Bila panel ini aktif maka bidang kerja autocad akan menjadi kertas millimeter blok.

C.  Ortho
Bila panel ini aktif maka hanya bisa membuat garis lurus vertikal dan horizontal dalam bidang kerja autocad.

D.  Polar
Bila panel ini aktif maka bisa membantu dalam membuat garis dengan besar sudut tertentu dalam bidang kerja autocad.

E.  Osnap
Bila panel ini aktif maka akan memudahkan mencari titik tangkap sebuah objec yang akan digambar dalam bidang kerja autocad. Cara mengaktifkan semua objec osnap: klik kanan panel osnap> klik setting>klik sellect all>ok.
Gambar 11. Panel Osnap

F.   Otrack
Bila panel ini aktif maka akan mudah menemukan titik pusat sebuah object dalam bidang kerja autocad karena ada garis bantu putusputus yang dihasilkan oleh panel otrack ini.

G.  DYN
Bila panel ini aktif maka anda tidak perlu mengetikkan tanda @ dalam mengetikkan koordinat dalam bidang kerja autocad.

H.  LWT
Bila panel ini aktif maka ketebalan garis yang dipilih melalui toolbar properties akan dimunculkan dalam bidang kerja autocad.

I.     Model
Bila panel ini diklik maka akan berada pada kertas (Paper) layout bidang kerja autocad.


4.    Memberi Dimensi Pada Gambar
            Bentuk dari Toolbar Dimension adalah sebagai berikut :
Gambar 12. Toolbar Dimension
Sebuah  gambar  perencanaan  perlu  dilengkapi  dengan  macam-macam  keterangan  agar pelaksanaannya  dapat  berjalan  dengan  lancar  dan  benar. Salah  satu  keterangan  yang  penting  sekali  ialah tentang dimensi.
Variable yang mengontrol penampilan suatu dimensi dapat ditentukan dikotak dialog Dimension Styles yang dapat ditampilkan sebagai berikut :
Gambar 13. Kotak Dialog Pada Dimension Styles


2.2 Tutorial Autocad 3D

1. Menggambar 3D Padat
Dalam membuat bangun 3D padat, ada beberapa cara :
A. Primitive
Primitive adalah fasilitas perintah dari AutoCAD yang juga menyediakan bentuk-bentuk pemodelan dasar seperti membuat bola, kerucut silinder dan lain sebagainya. Cara mengaktifkan toolbar Solids:
·  Klik menu View
·  Pilih Toolbar sehingga keluar kotak dialog Customize
·  Silang kotak disebelah kiri Solids.

Gambar 14. Toolbar Solids

Dari ikon sebelah kiri (Box hingga Torus) merupakan kelopok primitive. Salah satu contoh cara menggambarnya adalah sebagai berikut:

·         Box
Gambar 15. Icon Box
            Perintah Box digunakan untuk membuat objek kotak 3D Solid, dimana harus diisi panjang, lebar, dan tinggi. Misalnya akan dibuat kotak dengan panjang 6, lebar 5 dan tinggi 4.
Klik ikon Box:
Command : _box
Specify corner of box or [Center] <0,0,0>: titik awal
Specify corner of [Cube/Length]: L enter
Specify length: 6 enter
Specify width: 5 enter
Specify height: 7 enter
Jika kita memilih L maka obyek kotak akan nampak seperti balok yang panjang, lebar, dan tingginya dapat ditentukan. Tetapi jika anda mengetik C maka kotak akan seperti kubus yang sisinya sama.

·         Torus
Gambar 16. Icon Torus
            Perintah torus digunakan untuk membuat obyek cincin 3D solid, yang mana harus diisi diameter torus dan diameter tube.
Klik icon torus  :
Command: _torus
Current wire frame density: ISOLINES=4
Specify center of torus <0,0,0>:
Specify radius of torus or [Diameter]: 10
Specify radius of tube or [Diameter]: 1.5
Diameter torus adalah diameter terluar dari sebuah cincin dan diameter tube adalah diameter dalam (ketebalan) dari sebuah cincin.

B. Extrude
Extrude adalah perintah memberi ketebalan/ketinggian pada suatu obyek 2D yang bersifat polyline tertutup. Sebagai contoh, buat kotak ukuran panjang 4 dan lebar 2 dengan perintah Rectangle, lalu beri ketebalan dengan Extrude.
Klik ikon Extrude
Gambar 17. Icon Extrude
Command : _extrude
Current wire frame density: ISOLINSelect objectS: klik kotak
Select objects: enter
Specify height of extrusion or [Path]: 5 enter
Specify angle of taper for extrusion <0>: enter
Gambar 18. Hasil Perintah Extrude

C. Revolve
Revolve adalah perintah membuat bangun 3D dengan cara memutar suatu obyek 2D, di mana lintasan putarnya membentuk obyek 3D baru. Sebagai contoh, buat kotak dengan Rectang, lalu klik ikonRevolve, atau dengan perintah ketik.
Klik ikon Revolve
Gambar 19. Icon Revolve
Command : _revolve
Current wire frame density: ISOLINES=4
Select objects: 1 found klik pada obyek polyline
Select objects: enter
Specify start point for axis of revolution or define axis by [Object/X (axis)/Y
(axis)]: titik sumbu
Specify endpoint of axis :
Specify angle of revolution <360>: 360




Gambar 20. Hasil Rerintah Revolve

D. Slice 
Gambar 21. Icon Slice
Slice adalah perintah yang digunakan untuk memotong suatu obyek yang bersinggungan obyek lain. Sebagai contoh buatlah dua obyek dalam bentuk balok, salah satu balok tersebut di rotate 3d sejauh 300 kemudian geser pada balok yang satunya. Setelah aktifkan icon slice sehingga akan muncul perintah pada comman promt seperti di bawah ini :
Command: _slice
Select objects: Specify opposite corner: 2 found
Select objects:
Specify first point on slicing plane by [Object/Zaxis/View/XY/YZ/ZX/3points] 
<3points>: 
Specify first point on plane: (titik awal)
Specify second point on plane: (titik kedua)
Specify third point on plane: (titik ketiga)
Specify a point on desired side of the plane or [keep Both sides]: (obyek yang dipertahankan)
Setelah dienter perintah tersebut akan menghasilkan gambar seperti:
Gambar 22. Hasil Perintah slice

2. Teknik Shading Dan Rendering
Pemberian warna pada suatu obyek 3 dimensi merupakan suatu upaya untuk membuat obyek tersebut tampak lebih indah dan lebih realistis. Pada AutoCad teknik tersebut dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu Shading dan Rendering. Shading adalah teknik pemberian warna penuh pada permukaan obyek 3D. Rendering adalah teknik pemberian warna dengan memberikan jenis material pada obyek 3D seperti material kayu, pasir, besi dan lain-lain. Pada teknik rendering ini AutoCad juga menyediakan fasilitas penyinaran atau pemberian suatu efek sinar pada suatu obyek 3D. Juga pemberian efek latar belakang pada obyek tersebut.

A. Shade
Pada teknik shade ini obyek akan diberi warna pada seluruh permukaannya. Untuk mencobanya buatlah susunan obyek 3D. berilah warna pada semua obyek tersebut. Cara memberi warna adalah sebagai berikut :
Gambar 23. Toolbar Shade

Ketik Change , kemudian tekan Enter lalu masukkan perintah berikut:
Select object: klik pada obyeknya
Select object: enter
Specify change point or [Properties]: ketik p
Enter roperty to change [Color / Elev / Layer / LType / tScale / LWeight /Thickness]: ketik c
Enter new color <ByLayer>: red
Enter property to change [Color / Elev / Layer / LType / tScale / LWeight /Thickness]:

Dari langkah-langkah di atas maka garis-garis pada obyek akan berubah warnanya. Untuk mempresentasikan tampilan Shade, caranya sebagai berikut:
1. Klik menu View
2. Pilih Shade sehingga keluar menu sambung
3. Pilih Flatshaded (anda juga dapat memilih tampilan lain seperti Gouroud shaded, Flat Shaded Edges On, Gouroud shaded Edges On)

B. Render
Teknik render merupakan teknik untuk membuat obyek tampak lebih hidup. Perintah render ini tergabung dalam toolbar Render. Pada teknik render ini anda dapat menggunakan warna dasar (merah, kuning, hijau, dll) atau dengan memberikan material pada obyek-obyek tersebut. Selain pemberian warna ataupun material, dapat juga obyek tersebut diberi efek pencahayaan dan latar belakang. Untuk mencobanya, gunakan contoh yang sudah anda buat sebelumnya. Aktifkan toolbar Render. Caranya :
1.    Klik menu View
2. Pilih Toolbars maka akan muncul kotak dialog Customize
3. Klik pada kotak di samping kiri Render
4. Maka akan keluar menu di bawah ini:
Gambar 24. Menu Render

Cara merender :
1. Klik kiri ikon Render atau ketik Render sehingga akan mucul kotak dialog render.
2. Klik pada kotak Rendering Type (ada 3 type render yaitu Render, Photo Real, dan Photo Raytrace)
3. Klik tombol Render maka proses rendering akan berlangsung.

Anda dapat mencoba tipe render yang lain, yaitu Photo Real dan Photo Ray Trace. Untuk obyek yang diberi material, anda harus menggunakan Photo Real, supaya material yang anda berikan pada obyek tampak.
Pada obyek yang diberi pencahayaan sewaktu merender, anda harus mengaktifkan Shadow pada Rendering Option (terletak di bagian kiri bawah kotak dialog Render).

C. Material
Untuk membuat suatu obyek 3D lebih hidup sesuai dengan jenis materialnya dapat dilakukan dengan memberikan material pada obyek tersebut. Pada AutoCad, perintah untuk memberikan material tergabung dalam toolbar Render. Untuk dapat digunakan dalam gambar 3D yang sedang anda buat, anda harus membuka material yang diinginkan dan memasukkannya ke dalam daftar material yang diinginkan. Untuk berlatih anda dapat menggunakan obyek yang sudah anda buat, setelah itu ber masing-masing obyek dengan material. Caranya:
1. Klik icon Material sehingga muncul kotak dialog Material
2. Klik tombol Material Library sehingga muncul kotak dialog Material Library
3. Pilih jenis material, klik tombol Import.
4. Klik OK
5. Klik tombol Attach.
6. Klik kiri pada benda yang akan diberi material, enter
7. Klik OK.

Setelah obyek anda beri material maka langkah selanjutna adalah merender obyek tersebut. Caranya adalah sebagai berikut:
1.    Klik kiri icon Render atau ketik render maka akan keluar kotak dialog render.
Gambar 25. Kotak Dialog Render
2.    Klik pada kotak Rendering Type
3. Pilih Photo Real.
4. Klik tombol Render maka proses rendering akan berlangsung.
Hasil dapat dilihat. Untuk kembali ke tampilan Wire Frame, ketik Regen.

D. Landscape
Landscape adalah salah satu fasilitas yang disediakan oleh AutoCAD untuk menambah efek 3D pada hasil Rendering seperti Image pohon, orang, dan sebagainya. Obyek landscape dapat dibuat atau dimodifikasi dari obyek yang sudah ada. Obyek lanscape biasanya dibuat untuk model-model arsitektur.
Untuk masukkan obyek landscape pada comman dapat diketikkan lsnew, atau dapat juga dilakukan melalui menu Pulldown dan menu toolbar Render. Caranya sebagai berikut :
1. Klik menu View pada menu Pulldown lalu pilih item Render.
2. Pilih item Landscape pada sub menu Render
3. atau klik icon Landscape new pada menu toolbar Render, sehingga muncul:
Gambar 26. landscape new
4. Pilih item Landscape pada library.
5. Klik tombol preview untuk melihat bentuk asli
6. Klik position untuk menentukan posisi dimana obyek landscape akan ditempatkan.
7. Klik tombol OK untuk menutup kotak dialog serta mengakhiri perintah.

E. Light
Pencahayaan adalah salah satu kemampuan AutoCad dalam memberikan efek gelap dan terang serta bayangan suatu obyek. Perintah Light merupakan perintah memberi efek suatu sumber cahaya terhadap suatu obyek 3D. obyek-obyek 3D yang dalam AutoCad apabila dirender tanpa diberi cahaya maka       AutoCad akan memberikan cahaya secara merata. Karena tidak ada efek cahaya maka tentu saja tidak ada bayangan pada obyek 3D tersebut. Dengan memberikan penyinaran pada obyek 3D maka akan terjadi bayangan di sekitar obyek tersebut. Hal ini akan membuat hasil render tampak lebih realistis. Untuk memberikan efek cahaya terhadap obyek, perintah yang digunakan adalah Light yang cara penggunaannya adalah dengan mengklik icon Light atau mengetikkan “Light” pada prompt command sehingga akan keluar kotak dialog Light. Dengan kotak dialog light ini anda dapat memilih jenis cahaya, warna cahaya, intensitas cahaya dan letak sumber cahaya tersebut. Jenis cahaya :
1. Cahaya point adalah jenis cahaya yang penyinarannya bersifat menyebar ke seluruh penjuru dari suatu titik obyek cahaya point. Anda dapt membayangkan cahaya point ini seperti obyek matahari yang memancarkan sinarnya ke seluruh penjuru.
2. Jenis cahaya SpotLight. Cahaya jenis ini berfungsi jika anda ingin menyinari bagian obyek tertentu dengan penyinaran yang terbatas dalam sebuah kerucut sinar. Prinsip kerja dari cahaya SpotLight ini mirip dengan lampu sorot.
3. Jenis cahaya Distant yang merupakan jenis penyinaran terhadap suatu obyek 3D dari suatu arah tertentu dari suatu daerah. Sinar jatuh merata pada bidang obyek 3D dari sisi di mana penyinaran dilakukan oleh obyek cahaya distant yang bersangkutan.

F. Background
Pemberian latar belakang pada suatu obyek 3D merupakan salah satu kemampuan AutoCad dalam upaya lebih menghidupkan obyek tersebut. Ada 2 macam tampilan background yang sering digunakan yaituSolid dan Image. Solid adalah efek pemberian warna dasar pada latar belakang secara penuh, sedangkan Image untuk memberikan efek pada latar belakang secara nyata. Misalnya Sky, Cloud maupunSunset. Cara membuat efek background Image :
1.    Klik Ikon Background sehingga keluar kotak dialog Background
Gambar 27. Kotak Dialog Background
2. Aktifkan Image
3. Klik tombol find file (untuk menemukan file dalam bentuk gambar yang
digunakan sebagai latar belakang)
4. Klik preview untuk melihat hasilnya.
5. Klik OK Setelah obyek anda beri latar belakang, ubah tampilan menjadi perspektif kemudian render kembali obyek tersebut. Caranya adalah sebagai berikut:
1. Klik kiri ikon Render atau ketik “render” maka akan muncul kotak dialog Render
2. Klik kotak rendering type
3. Pilih Photo Real
4. Klik Shadow pada kotak Render Option
5. Klik tombol render maka proses rendering akan berlangsung.

3. Cara Menyimpan Hasil Render
Untuk merender hasil gambar AutoCad dapat dilakukan dengan beberapa posisi gambar maupun efek cahaya yang diberikan. Untuk itu gambar hasil render pada AutoCad harus disimpan supaya bisa dicetak dengan berbagai variasi warna material maupun efek cahaya yang diberikan. Untuk menyimpan hasil gambar yang dirender, caranya adalah sebagai berikut:
1. Klik menu Tools sehingga keluar menu sambung
2. Klik Display Image akan keluar menu sambung lanjutan 
3. Klik Save sehingga keluar kotak dialog Save Image 
Gambar 28. Kotak Dialog Save Image
4. Klik OK akan keluar kotak dialog Image File
5. Beri nama file
6. Klik OK

Untuk membuka hasil render, caranya adalah sebagai berikut:
1. Klik menu Tools sehingga keluar menu sambung
2. Klik Display Image sehingga keluar menu sambung lanjutan
3. Klik View sehingga keluar kotak dialog Replay
4. Pilih nama file
5. Klik OK.

...................................................................................................................................................................

BAB 3. PEMBAHASAN










Gambar 29 Bearing

Command
Customization file loaded successfully. Customization Group: ACAD
Customization file loaded successfully. Customization Group: CUSTOM
Customization file loaded successfully. Customization Group: EXPRESS
Regenerating model.

AutoCAD Express Tools Copyright © 2002-2004 Autodesk, Inc.

AutoCAD menu utilities loaded.
Command: COMMANDLINE


Command: Specify opposite corner:
Command: Specify opposite corner:
Command:
Command:
Command: _line Specify first point:
Specify next point or [Undo]:  <Ortho on> 5
Specify next point or [Undo]: 3
Specify next point or [Close/Undo]: 4
Specify next point or [Close/Undo]: 3
Specify next point or [Close/Undo]: 5
Specify next point or [Close/Undo]: 10
Specify next point or [Close/Undo]: 14
Specify next point or [Close/Undo]: 10
Specify next point or [Close/Undo]:
Command:  <Osnap on>
Command:
Command:
Command: _sphere
Specify center point or [3P/2P/Ttr]:
Specify radius or [Diameter]: 6
Command:
Command:
Specify point location or [Base point/Undo/eXit]: 4
Command:

Specify point location or [Base point/Undo/eXit]: 6
Command:
Specify point location or [Base point/Undo/eXit]: 5
Command:
Command:
Command: _line Specify first point:
Specify next point or [Undo]: 2
Specify next point or [Undo]: 5.5
Specify next point or [Close/Undo]:
Command:
Command: m MOVE 1 found

Specify base point or [Displacement] <Displacement>: Specify second point or
<use first point as displacement>:  <Ortho off>
Command:
Command:
Command: e ERASE 2 found

Command:
Command:
Command:
Command: Specify opposite corner:
Command:
Command:

Command:
Command:
Command: Specify opposite corner:
Command:
Command:
Command: _region
Select objects: 1 found

Select objects: 1 found, 2 total

Select objects: 1 found, 3 total

Select objects: 1 found, 4 total

Select objects: 1 found, 5 total
Select objects: 1 found, 6 total

Select objects: 1 found, 7 total

Select objects: 1 found, 8 total

Select objects:
1 loop extracted.


1 Region created.

Command:
Command:
Command:
Command: _mirror 1 found
Specify first point of mirror line: Specify second point of mirror line:
*Cancel*

Command:
Command:
Command: _mirror
Select objects: 1 found

Select objects:  Specify first point of mirror line: Specify second point of
mirror line:
Erase source objects? [Yes/No] <N>:
Command: *Cancel*

Command:
Command:
Command: _line Specify first point:



Specify next point or [Undo]:  <Ortho on> 7
Specify next point or [Undo]: 14
Specify next point or [Close/Undo]:
Specify next point or [Close/Undo]:
Command:
Command:

** STRETCH **
Specify stretch point or [Base point/Copy/Undo/eXit]:
Command: *Cancel*

Command: revolve

Current wire frame density:  ISOLINES=4
Select objects to revolve: 1 found

Select objects to revolve: 1 found, 2 total

Select objects to revolve:

Specify axis start point or define axis by [Object/X/Y/Z] <Object>:
Specify axis endpoint:
Specify angle of revolution or [STart angle] <360>:


Command:
Command: e ERASE 1 found

Command:
Command:
Command: _-view Enter an option
[?/Delete/Orthographic/Restore/Save/sEttings/Window]: _seiso Regenerating
model.

Command: '_3DFOrbit Press ESC or ENTER to exit, or right-click to display
shortcut-menu.
Regenerating model.
Regenerating model.

Command:
Command:
Command: _-view Enter an option
[?/Delete/Orthographic/Restore/Save/sEttings/Window]: _top Regenerating model.

Command:
Command:
Command: _-view Enter an option
[?/Delete/Orthographic/Restore/Save/sEttings/Window]: _left Regenerating model.


Command:
Command:
Command: _array
Select objects: 1 found

Select objects:

Command:
Command:
Command: _array
Select objects: 1 found

Select objects:

Specify center point of array: *Cancel*

Command:
Command: e ERASE 1 found

Command:
Command:
Command: _array
Select objects: 1 found


Select objects:

Specify center point of array:  <Osnap off> >>
Resuming ARRAY command.

Specify center point of array:  <Osnap on>
Command:
Command:
Command: _-view Enter an option
[?/Delete/Orthographic/Restore/Save/sEttings/Window]: _seiso Regenerating model.

Command: '_3DFOrbit Press ESC or ENTER to exit, or right-click to display
shortcut-menu.
Regenerating model.
Regenerating model.

Automatic save to C:\Users\user\AppData\Local\Temp\Drawing1_1_1_8467.sv$ ...

Command:
Command:
Command:
Command: _vscurrent
Enter an option [2dwireframe/3dwireframe/3dHidden/Realistic/Conceptual/Other]
<2dwireframe>: _R

Command: '_3DFOrbit Press ESC or ENTER to exit, or right-click to display
shortcut-menu.

Command:
Command:
Command: _vscurrent
Enter an option [2dwireframe/3dwireframe/3dHidden/Realistic/Conceptual/Other]
<Realistic>: _C
Command: Specify opposite corner:
Command: '_3DFOrbit Press ESC or ENTER to exit, or right-click to display
shortcut-menu.


...................................................................................................................................................................


BAB 4. PENUTUP

4.1 Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat diperoleh dari laporan ini antara lain :
1.      belajar autocad itu mudah bila kita mau mempelajarinya
2.      untuk bisa menguasai autocad butuh banyak latihan
3.      kita bisa mengetahui cara-cara menggambar dalam autocad
4.      autocad mempermudah kita untuk mendesain suatu produk
5.      autocad mempunyai tingkat akurasi dan presisi yang tinggi
4.2 Saran
Dari kesimpulan diatas, ada beberapa saran yang dapat disampaikan antara lain :
1.      kita harus lebih banyak latihan menggambar dalam autocad
2.      pelajarilah autocad dengan tekun untuk menjadi seorang desainer
3.      dalam menggambar pada autocad haruslah berkonsentrasi untuk menjaga akurasi dan ke-presisi-an gambar

...................................................................................................................................................................


DAFTAR PUSTAKA


Sato, G Takeshi. Menggambar mesin menurut standar ISO. Jakarta. Pradnya Paramita. 2008.

...................................................................................................................................................................

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS JEMBER
FAKULTAS TEKNIK
JL. Slamet Riyadi 62 Jember 68111 Telp ( 0331 ) 404977

LEMBAR ASISTENSI PRAKTIKUM GAMBAR MESIN

NAMA                                    : M. BAGUS SETIAWAN
NIM                                        : 101910101032
JURUSAN                              : S1 TEKNIK MESIN
ASISTEN PRAKTIKUM      : KUMARANATA K. A.


NO
Tanggal
Keterangan
Paraf









ASISTEN PRAKTIKUM




 KUMARANATA K. A.             
   NIM 081910101010

Tidak ada komentar: