Jumat, 30 November 2012

Untukmu Pemuda Harapan Bangsa

30 November 2012

Ketahuilah bahwa kalian adalah generasi harapan bangsa. Pikirannya yang cerah, masa depannya yang gemilang, harapannya yang bersinar dan kekuatannya yang terpendam. Kalian adalah unsur kebangkitan bangsa, kemajuan serta kegemelingannya yang sangat penting. Itulah kedudukan kalian, itulah nilai kalian. Itulah tanggungjawab kalian dan amanah kalian di hadapan Allah SWT, di hadapan masyarakat dan di hadapan diri kalian sendiri. Sungguh kalian adalah generasi masa depan yang tangguh, tempat bergantungnya harapan untuk kebangkitan bangsa.

Sesungguhnya kalian kini berada pada peringkat usia paling subur dan paling kuat. Maka wajib atas kalian memelihara kekuatan itu dan menunaikan hak-haknya. Yang dimaksud dengan kekuatan disini ialah kekuatan lahiriah, maknawiah, ruhiah, jasadiah dan sebagainya. Kalian kini berada pada peringkat kuat di antara dua peringkat lemah sebagaimana dinyatakan didalam firman Allah QS. Ar-Rum:54: “Allahlah yang menciptakan kamu dari keadaan lemah, kemudian Dia menjadikan (kamu) setelah keadaan lemah itu menjadi kuat, kemudian Dia menjadikan (kamu) setelah kuat itu lemah (kembali) dan beruban…

Dan kalian akan ditanya pada hari kiamat nanti tentang peringkat ini sebagaimana ditegaskan oleh Rasulullah Muhammad SAW didalam Hadits: “Tidak akan beranjak dua tapak kaki seseorang hamba sebelum dia ditanya tentang empat perkara: tentang umurnya, ke mana ia dihabiskan? Tentang usia mudanya, untuk apa ia digunakan?…” Lihat, meskipun usia muda itu sudah termasuk dalam usia keseluruhannya, namun baginda meyebutnya secara khusus. Itulah  yang menunjukkan pentingnya usia peringkat ini.

Hendaklah kalian meningkatkan kapasitas diri kalian. Mulai dari aspek keimanan, keruhanian, ibadah, ilmu, pembelajaran dan berbagai bidang lainnya agar kalian menjadi insan yang berguna bagi agama, tanah air, masyarakat dan diri kalian sendiri. Sejauh mana besarnya dan beratnya tanggungjawab kalian, maka sekadar itulah persiapan yang harus kalian lakukan untuk memikul tanggugjawab itu.

Oleh karena itu, perbaikilah hubungan kalian dengan Allah SWT. Jangan kalian lakukan perkara yang dapat mendatangkan kemurkaanNya. Hendaklah kalian memohon pertolongan dan bantuanNya. Dialah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong.

Kalian adalah pemuda harapan bangsa dengan ijin Allah SWT. Disadari atau tidak, pada diri kalian ada kebaikan yang besar. Maka rasakanlah wahai pemuda, realita yang dialami generasi kalian saat ini. Realita yang cukup masam, pahit, dan menyedihkan. Kalian yang baik tentu tidak akan membiarkan hal ini terjadi terus-menerus. Kalianlah yang akan merubah keadaan generasi muda saat ini ke arah yang lebih baik.
wahai orang-orang yang beriman! Jika kamu menolaong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu” (QS. Muhammad:7) 

Tidak ada komentar: