Selasa, 18 Desember 2012

Pemerintahan Harus Dibenahi! Sedikit Cerita dari Kunjungan ke Pabrik IGLAS, Gresik.

18 Desember 2012

Langsung saja ke intinya. Saat kita dari rombongan mahasiswa teknik mesin uj beserta dosen pendamping masuk di area pabrik iglas, kita langsung menuju masjid untuk istirahat, makan siang, dan shalat. Selesai dari masjid, sekitar pukul 13.00 WIB kita mulai masuk ke area produksi pt iglas yang bergerak dibidang pembuatan botol gelas/ beling.

Sebelum ke area produksi, kita melihat tingginya tumpukan botol siap kirim. Kita melihat beraneka macam botol disana. Mulai dari botol untuk sirup, minuman bersoda, sampai botol miniman keras. Dalam diri pribadi saya merasakan ketidaksukaan terhadap pabrik ini karena produksinga yang juga memproduksi botol miras. Dalam benak saya, alangkah baiknya jika yang diproduksi adalah botol yang memberikan manfaat dan lebih baik membuat toples biling saja dibanding memproduksi yang begituan. Terus terang saya ingin menanyakan mengapa di pt iglas juga memproduksi botol miras.

Memasuki ruang rapat, kita disambut oleh perwakilan manajemen dengan ramah dan baik. Disana dijelaskan apa saja yang akan kita inginkan di pt iglas, dan dari pihak iglas juga sedikit memaparkan apa saja yang berhubungan dengan pt iglas. Disana juga dijelaskan rundown acaranya yaitu setelah dari ruang rapat kita diajak berkeliling melihat secara langsung proses produksi dan setelah puas melihat, kita masuk kembali ke ruang rapat untuk bertanya-jawab.

Nah, ada kesempatan untuk bertanya diakhir sesi. Saya pun tak membuang kesempatan. Selepas dua teman saya maju untuk bertanya, saya juga maju untuk bertanya. Yang saya tanyakan adalah pertama bagaimana menentukan kekentalan adonan beling untuk dicetak menjadi botol dan kedua yang saya tanyakan adalah apakah produksi botol minuman keras itu legal?

Dari tiga pertanyaan yang ada, pertanyaan ketigalah yang pertama dijawab. Mereka menjawab pertanyaanku pertama yang saya rasa belum masuk, dan jawaban dari pertanyaanku yang kedua ialah kurang lebih seperti ini: “sebenarnya yang legal adalah minuman kerasnya, kita hanya mengerjakan order dari custemer. Sedang pt iglas juga ada sk/ akta notaris yang didalamnya menyebutkan produksinya apa saja”

Jawaban pertanyaan keduaku itu saya berpikiran, pemerintah yang harus dibenahi. Peraturan-peraturannya haruslah sejalan dengan aturan yang maha mempunyai peraturan. Jika aturannya saja melenceng dari aturan yang maha mempunyai peraturan, mau dibawa kemana negeri ini?