Selasa, 18 Desember 2012

Track Pasuruan-Jember

18 Desember 2012

Sedikit menerangkan mengenai perjalanan dari pasuruan menuju jember, tepatnya untuk menuju kampus universitas jember. Ini adalah berdasarkan pengalaman pribadi. Dan disini akan dipaparkan apa saja hal-hal menarik yang ada dalam perjalanan, baik itu menggunakan bus ataupun sepeda motor.

Mulai saja ceritanya, pertama jika kita naik bus. Kalau kita naik bus dari pasuruan ke jember, akan banyak hal menarik yang dapat dirasakan. Kalau boleh dikatakan, perjalanan dari pasuruan ke jember akan melewati 4 pos. masing-masing pos jaraknya rata-rata atau hampir samalah.

Saat kita berada didalam bus dan melintasi jalan raya pasuruan, kita akan merasa perjalanan di daerah pasuruan cukuplah panjang. Dengan jalanan yang luas membuatnya seakan pasuruan adalah kota besar.

Lepas dari pasuruan, kita memasuki kota probolinggo. disinilah pos pertama yaitu terminal bus probolinggo yang disinggahi beberapa waktu. Selain itu saat melintas di Probolinggo, tepatnya di daerah leces, kita akan menjumpai di kiri jalan ada pabrik kertas leces.

Setelah melewati probolinggo, kita akan memasuki daerah lumajang. Di sepanjang jalan inilah kearifan lokan dapat kita jumpai. Kita bisa melihat di tepi jalan banyak penjual hasil bumi lumajang. Mulai dari rambutan, mangga, sampai yang khas yaitu pisang. Yang khas ini saya rasa ada terus sepanjang musim. Itulah sebabnya mengapa lumajang disebut kota pisang. Dan terminal lumajang saya rasa tepat menjadi pos ke-2.

Lanjut ke pos 3, kalau boleh dibilang pos ke-3 ini adalah di tanggul. Mengapa tanggul? Karena dari terminal lumajang ke tanggul juga cukup jauh. Kira-kira sama dengan pos 1 ke pos 2. Sebelum sampai tanggul, kita akan disuguhi pemandangan alam yang cukup bagus yaitu sungai sepanjang jalan. Sungai yang berjajar sebelah kanan dengan jalan raya, seakan sungai ini mengikuti perjalanan kita.

Sampai ditanggul yang notabene adalah sudah termasuk daerah jember, namun perjalanan menuju terminal jember masih cukup jauh. Tak heran jika ada agenda tahunan jember yaitu gerak jalan tajem (tanggul-jember). Itulah mengapa masih ada pos terakhir yakni pos 4 di terminal jember. Dari tanggul hingga terminal jember kita masih belum bisa merasakan suasana kotanya. Karena kota di jember ada setelah melewati terminal itu sendiri.

Nah, itu kalau naik bus. Kalau naik motor sebenernya sama, tapi ada satu pos lagi, pos 5. Yaitu pos dari teminal jember ke kampus universitas jember. Dari pos 4 ke pos 5 ini kita dapat merasakan suasana kota jember. Sedangkan yang naik bus harus naik lyn untuk bisa sampai ke pos 5.

Tidak ada komentar: