Kamis, 23 Mei 2013

Oleh-oleh FIM 14C (2)

23 Mei 2013

Pembicara: Imam Gunawan (Asisten Deputi Peningkatan Sumber Daya Pemuda Kemenpora)
Materi: Menumbuhkan Peran Kepemimpinan Pemuda

            Dalam menumbuhkan peran kepemimpinan pemuda, perlu diketahui terlebih dahulu untuk apa manusia itu ada di dunia ini. Sebenarnya mandat hidup manusia itu ada tiga hal, yaitu:
1.      Kepemimpinan,
2.      Kesejahteraan alam semesta,
3.      Pengabdian.
Minimal tiga hal tersebut harus ada dalam diri setiap manusia, agar terciptalah harmoni dalam kehidupan.
            Manusia diciptakan untuk mewarisi kepemimpinan di dunia ini dari Tuhan yang menciptakannya. maka dari itu, setiap jiwa manusia adalah pemimpin bagi dirinya sendiri. Dan jika kita melihat ke ranah yang lebih luas, kepemimpinan masyarakat membutuhkan generasi disetiap waktunya. Dan pemuda saat ini, adalah tokoh (pelopor) kepemimpinan hari esok.
Kesejahteraan alam semesta mencakup bagaimana kita memelihara dan melestarikan alam/ lingkungan sekitar kita. Kita dituntut bijak dalam mengelola sumber daya alam yang ada, misalnya saja tidak terlalu rakus mengeksploitasi sumber tambang. Karena alam semesta butuh dilindungi, maka kita harus bijak dalam bersahabat dengan alam dan lingkungan sekitar kita.
Dalam menjalankan kehidupan manusia juga wajib melakukan pengabdian, terutama kepada Sang penciptanya. Sangat naif jika seorang tidak melakukan pengabdian kepada Penciptanya, apalagi merasa ia tiada yang menciptakan. Jika hewan peliharaan saja patuh pada pemiliknya, yang notabene hanyalah perawatnya, wajib hukumnya manusia mengabdi kepada Tuhan yang menciptakan dan merawatnya.

Bersambung…

Tidak ada komentar: