Senin, 24 Juni 2013

Untuk Indonesia Makmur

24 Juni 2013

Terinspirasi dari ceramah yang diberikan Ustadz Abu Haidzar, LC dalam pengajian rutin pekan ke-4 Majelis Dhuha Jember. Yang saya tangkap kala itu adalah, Indonesia akan makmur jika rakyatnya dapat menjaga sholat berjama’ahnya di Masjid. Ini untuk laki-laki. Yang perempuan boleh turut sholat berjamaah di masjid. Tapi lebih baiknya, perempuan sholat tepat waktu di rumah.

Beliau menyampaikan satu kisah saat beliau di Arab Saudi. Ketika dekat waktu sholat, semua aktifitas warga akan terhenti. Yang berkendaraan memarkir kendaraannya, yang punya toko segera ditutup, dan semua aktifitas yang ada dihentikan sejenak. Semua akan merapat ke satu tempat bernama Masjid. Mereka semua mempersiapkan diri guna mendengarkan adzan dan sholat berjamaah di Masjid.

Dan apa yang dilihat oleh beliau terlepas dari disiplin mereka melaksanakan sholat. Adalah sebuah realita bahwa kebanyakan warga Arab Saudi adalah mereka yang berkendara roda empat. Jarang dalam pendangan beliau orang yang berkendara roda dua.

Dibandingkan dengan Indonesia dengan kondisi tanah air yang amat subur. Bahkan ada anggapan bahwa tanah kita tanah surga. Tongkat yang ditanam pun dapat berbuah. Tak berlebihan jika ada seorang yang mengatakan demikian. Karena Indonesia memang tanah kaya dan subur. Coba lihat apa yang dipunyai Arab Saudi? Tanah gersang, lautannya lautan pasir, gunungnya gunung batu.

Jika dibandingkan juga, bagaimana tingkat kesejahteraan rakyatnya. Tentu kita sepakat bahwa Arab Saudi lebih sejahtera. Dari contoh yang disampaikan Ustadz Abu Haidzar, LC kebanyakan warganya menggunakan roda empat dalam berkendara. Coba tengok Indonesia. kebanyakan masih menggunakan roda dua dalam berkendaraan.

Kembali ke topik. Lantas apa hubungannya sholat berjamaah dengan tingkat kesejahteraan rakyat suatu negara? Dalam kedangkalan ilmu yang saya miliki, kemungkinan itu muncul karena dengan sholat berjamaah, otomatis kerekatan tali persaudaraan itu akan kuat. Dengan kuatnya tali persaudaraan itu, mereka akan saling memahami satu sama lain. Mereka akan saling mengisi satu dengan yang lain. Dan keberkahan pun akan lebih cepat diterima, karena sholatnya dilakukan secara bersama-sama.

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al Baqarah: 153)

“Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al 'Ankabuut: 45)

Mungkin karena sholat tersebut dilakukan secara berjamaah sehingga pertolongnnya pun berjamaah. Juga perlindungannya pun berjamaah. Karena itulah kesejahteraan suatu negeri hadir. Insya Allah, dengan seluruh rakyat Indonesia yang muslim memunaikan sholatnya secara berjamaah di Masjid, akan terciptalah INDONESIA MAKMUR.
Wallahu a’lam bishawab.

Tidak ada komentar: